Lufti Avianto

Ada sensasi lain saat menulis fiksi. Imajinasi bisa begitu liar, dan tokoh-tokoh yang diceritakan, seolah bisa hidup dan berdialog, bahkan protes dengan diri penulis. Itulah yang dirasakan Lufti Avianto, ketika menulis salah satu bagian dari Pitu Loka, “Melepasmu di Padang Panjang”. Sebab, ini adalah debut pertamanya mengarang cerita. Sebelumnya, ia bekerja di wilayah ‘fakta’ sebagai wartawan di beberapa majalah selama 8 tahun dan menulis lebih dari 10 buku nonfiksi.

Di antaranya Ramadhan Metamorpho-Self (Bit Read, 2019), Harapan yang Membuatmu Tetap Hidup (Anlitera, 2018), Sajak yang Gelisah (Bebuku, 2017), Ayo Jadi Wartawan Cilik (Mediantara Semesta, 2009), Ayo Mengenal Sejarah Peninggalan Islam (Mediantara Semesta, 2009) dan lainnya.

Saat ini, ia sedang menekuni isu parenting, dan berharap bisa menggubah hasil penelitian magisternya menjadi buku popular berjudul “Rumah Tanpa Nilai: Catatan Pengasuhan dan Kejujuran”. Pengalamannya selama 10 tahun menjadi ayah, juga sedang dipersiapkan menjadi buku esai parenting keayahan berjudul “Ayah Under-Construction: Menjadi Ayah Hebat dengan Kesalahan”.

Selain bekerja sebagai seorang spesialis komunikasi di sebuah lembaga negara, ia juga mengabdikan diri melalui komunitas Books4Care (www.books4care.net) yang ia dirikan selama empat tahun terakhir. Sebagai aktivis literasi, ia berharap bisa menularkan virus ‘suka menulis’ kepada masyarakat luas.

Kegemarannya menulis, pernah mendapat sejumlah apresiasi. Di antaranya Finalis Mochtar Lubis Award (2009), Finalis Anugerah Adiwarta Sampoerna (2009), Juara I Lomba Blog Pendidikan Keluarga Kemdikbud (2018), Nomine Lomba Jurnalistik BNPT Anugerah Indonesia Damai (2018), Nomine Lomba Karya Artikel dan Jurnalistik “Menguatkan Pendidikan Memajukan kebudayaan” Kemendikbud (2019), 50 peserta terpilih Workshop Writerpreneur Accelerate Bekraf dan lainnya.

Untuk membaca kegelisahan, pemikiran, renungan dan catatan hariannya, pembaca bisa mengunjungi blog pribadinya di www.senang-sening.com atau bersahabat dengannya di media sosial; Instagram @theavianto atau Facebook: Avianto Lufti.